ANALISA PRODUK TEH BOTOL SOSRO

Brand Sosro tak asing lagi bagi konsumen minuman di Indonesia, Teh botol Sosro kemasan botol beling merupakan produk teh siap minum yang pertama di Indonesia dan di Dunia yang sudah diluncurkan sejak Tahun 1974. Untuk memenuhi kebutuhan pencintanya dimanapun berada,Tehbotol Sosro dengan inovasinya sampai dengan saat ini telah memiliki banyak pilihan kemasan produk diantaranya yaitu:
• Kemasan botol beling ( Returnable Glass Bottle ) dengan volume 220ml 
• Kemasan kotak (Tetra Pak ) dengan volume 1 Liter,250 ml,200ml. 
• Kemasan pouch dengan volume 150ml 
• Kemasan PET dengan volume 500ml 
teh botol sosro

teh botol sosro



teh botol sosro

teh botol sosro

Dilihat dari banyak nya variasi kemasan, teh botol sosro terlihat mencoba mengambil semua packaging untuk tetap bisa eksis. Perilaku konsumen yang mau hal praktis membuat sosro memilih untuk memenuhi packaging sesuai kebutuhan konsumen. Uniknya terlihat beberapa kemasannya tetap menampilkan botol beling dimana ini merupakan salah satu penegasan kepada konsumen bahwa ini adalah produk tehbotol dalam bentuk selain beling yang selama ini sudah dikenal konsumen. Packaging ini juga berfungsi untuk menahan dan mengimbangi penjualan produk teh dari brand lain, dimana Mayora mengeluarkan Teh pucuk harum dalam kemasan PET dan teh kotak dari brand Ultra Jaya. Bisa dibayangkan jika teh botol sosro tidak memainkan perannya dalam hal packaging maka pasarnya(market share) akan tergerus secara perlahan.

Kelebihan utama dari produk teh botol ini sendiri masih ada pada kemasan kaca beling, dimana sosro dapat mendistribusikan teh botol sampai ke pelosok kota dan dapat mengisi kembali(Returnable) dengan cepat, hal ini yang susah dimiliki produk pesaing karena sosro telah lama fokus dalam produksi teh botol beling. Bahkan frestea dibawah coca cola company sejauh ini belum bisa menyaigi teh botol dalam kemasan kaca beling ini. Dari segi desain teh botol juga memiliki keunikan tersendiri dimana botolnya terkesan slim, berikut beberapa perubahan kemasan teh botol sosro :
teh botol

Dengan desain yang menarik itu teh botol sosro sekarang telah menciptakan produk teh botol PET dengan desain yang sama. Hal ini perlu dilakukan mengingat kepraktisan botol plastik(PET). Dan menarik untuk dilihat kedepan apakah dengan bentuk desain yang sama ini teh botol sosro mampu bertahan sebagai market leader teh dalam kemasan dan dapat menyergap pesaing yang sudah banyak semakin banyak meluncurkan produk teh dalam kemasan PET. pesaing yang tak kalah penting adalah Teh Gelas dari OT orang tua, kabarnya sosro memang telah menyiapkan produk untuk bersaing dengan teh gelas, tunggu postingan berikutnya ..


0 comments:

Post a Comment